Tutorial Android: Belajar Cara Root Smartphone dengan Mudah

Aplikasi Bagus Yang Dilarang Ada Di PlayStore

play-store-logo
1. Aplikasi rooting.
Untitled-1Kenapa saya memasukkan aplikasi root di daftar pertama? Karna, aplikasi ini bisa membuka akses root ke hp anda. Dan untuk daftar aplikasi berikutnya, kebanyakan membutuhkan akses root.
Pada dasarnya, setiap produsen smartphone menerapkan standar keamanan pada setiap produk mereka, dengan batasan batasan tertentu. Ada produsen yang membuat produk mereka sangat sulit untuk ditembus batas itu, dan ada juga yang bahkan membuatnya sangat mudah. Lalu kenapa install aplikasi root dilarang? Karena apkikasi itu akan membuka batasan-batasan tersebut, sehingga anda bisa mendapatnya akses root, atau kontrol keseluruhan terhadap perangkat anda. Dan itu juga bisa membuat anda jadi rentan terhadap serangan serangan berbahaya dari luar seperti malware. Tapi jika anda menginstall aplikasi antivirus atau antimalware, aplikasi root itu sendiri akan di deteksi sebagai malware, karena bisa membahayakan perangkat itu sendiri. Maka jika anda sudah berhasil mendapat akses root di perangkat anda, berhati hatilah.
Ada beberapa aplikasi untuk mendapatkan akses root langsung dari perangkat tanpa komputer. Seperti:
1. KingoRoot
2. KingRoot
3. OneClickRoot Tools
4. Framaroot
Dan masih ada lagi yang lainnya. Yang saya sebutkan ini punya kualitas dan sudah saya buktikan sendiri. Tapi, pengalaman saya, tidak akan berhasil untuk perangkat dengan Chip berbasis SoC 64 bit, seperti Mediatek MT67xx.

2. Lucky Patchers
Untitled-2Aplikasi yang satu ini memang ajaib. Karena bisa menjadikan aplikasi berbayar (InApp Purchases) menjadi seluruhnya gratis. Seperti misalnya begini; ada sebuah game gratis, tapi dengan item terbatas. Jadi anda di haruskan untuk membeli gems atau coin dengan uang asli, dan menukarkan coin serta gems yang sudah di beli menjadi item yang di inginkan. Nah, lucky patcher bisa melakukan itu, tanpa mengeluarkan uang asli sedikitpun. Dengan mekanisme momotong jalur pembelian ke Play Store menjadi ke database lucky pacther, dan memalsukan seolah kita benar benar membeli. Dan untuk yang keluaran yang terbaru (saat ini v 8.1.0) bisa melakukan pembelian dengan aplikasi berbasis web. Tapi pada dasarnya, semuanya tergantung keberuntugan juga. Makanya aplikasi ini dinamakan "Lucky Patcher". Ada game yang bisa di gratiskan, dan ada yang sama sekali tidak bisa diapa-apakan. Trus kenapa dilarang di Play Store? Ya tentu saja, aplikasi ini bisa merugikan pegembang game/aplikasi dan google itu sendiri. Oh ya, aplikasi ini membutuhkan akses root dan koneksi internet untuk mondownload patch. Bisa juga digunakan tanpa root, tapi dengan fungsi terbatas. Aplikasi ini juga akan terdeteksi sebagai aplikasi berbahaya oleh "Play Protect". Download aplikasi ini dari website resmi mereka, karena banyak aplikasi palsu yang menyerupai, tapi mengandung malware berbahaya. Pengalaman saya, aplikasi ini sangat tidak berbahaya. Cuma sedikit beresiko. Ada beberapa tools yang kadang menyebabkan aplikasi crash dan stoped working. Namun secara keseluran: bagus. Bagaimanapun, tetap dukung pengembang dengan membeli game² mereka.

Download Lucky Patchers Installer

3. AdAway
Untitled-3Aplikasi ini sangat powerfull untuk mengusir iklan google adsmob. Dan sangat ringan sehingga tidak mengganggu kinerja perangkat ada. Karena aplikasi ini tidak selalu aktif melindungi dari iklan. Ianya hanya sekli patch, iklan akan langsung hilang. Tapi harus di cek host secara berkala, misal seminggu sekali atau sebulan sekali. Lalu kenapa dilarang di play store? Kan ini aplikasi bagus? Tentu saja dilarang karena bisa membuat google merugi. Seperti yang di ketahui, pendapatan terbesar google adalah dari iklan. Kalo iklan di hilangkan, pendapatan google kan jadi berkurang.
Aplikasi ini membutuhkan akses root dan internet. Tapi setiap ciptaan manusia pasti ada kekuranganya. Tidak semua iklan bisa hilang, terutama iklan youtube dan beberapa aplikasi lain. Secara keseluruhan, aplikasi ini SUPER.

Download AdAway

4. Xposed Installer
Untitled-4Aplikasi ini juga sangat bagus bagi orang orang yang suka mengoprek dan memodifikasi perangkat mereka. Karena aplikasi ini bisa memodifikasi aplikasi tanpa membongkar aplikasi tersebut. Juga bisa digunakan untuk memodifikasi ROM dengan tingkat resiko yang rendah. Walau pun masih ada resiko bootlop atau softbrick. Aplikasi ini tidak punya website resmi, karna di kembangkan dalam komunitas xda-developer oleh user @rovo89. Trus kenapa dilarang di play store? Ya tentu saja, karena berbahaya bagi orang yang awam. Bisa merusak perangkat mereka sendiri jika tidak mengerti. Oh ya, aplikasi ini membutuhkan akses root dan juga internet untuk mendownload module.

Download Xposed Installer

5.TubeMate
Untitled-5Dari semua daftar di atas, mungkin ini satu²nya aplikasi yang tidak butuh akses root. Karena fungsinya hanya untuk menonton video youtube bahakan mendownloadnya dalam format mp4, webm, atau 3gp.
Pada dasarnya, aplikasi resmi youtube juga punya fitur download video, tapi dengan enkripsi yang kuat. Sehingga file video yang sudah didownload tidak bisa di transfer dan di tonton di perangkat lain selain di perangkat itu sendiri. Tentu saja itu bertujuan untuk melindungi hak cipta bagi para video creator yang susah susah membuat video, walaupun video mereka di liat secara gratis. Karena ada banya para pendownload tidak bertanggung jawab meng-upload ulang video² tersebut ke youtube atau tempat² lain untuk keuntungan mereka sendiri. Makanya aplikasi tubemate ini dilarang di playstore.
Tapi kan tidak semua orang punya kuota internet melimpah. Misal, kalo saya suka satu video, trus saya download, dan saya liatkan ke teman, teman juga suka, dan mereka mau. Tapi mereka tidak punya kuota untuk medownload. Sedangkan saya tidak bisa membagikan karna terbatas download buat nonton offline saja. Maka, aplikasi ini lah yang jadi solusi. Seingat saya, aplikasi ini dulu pernah ada di play store, Tapi kemudian di tendang. Banyak sih aplikasi yang mirip seperti ini di playstore, tapi tubemate lebih baik karena iklannya kurang dan tidak mengganggu, juka kecepatan downloadnya kencang. Resolusinya pun bisa dipilih sesuai kehendak. Tapi ingat, selalu dukung konten kreator dan google itu sendiri yang telah memberikan konten yang terbaik untuk anda.
Oh ya, download apkikasi tubemate dari website resmi mereka, karena banyak sekali aplikasi palsu yang mengandung malware bertebaran di internet

Download TubeMate

***Jika ada kesalahan atau kekurangan dalan informasi yang saya tulis ini, saya mohon maaf. Dan berikanlah teguran atau komen yang membagun.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment