Tutorial Android: Belajar Cara Root Smartphone dengan Mudah

Cara Install TWRP Recovery Blackview A7 Pro. Dan Untuk Ponsel MediaTek MTK67xx (64bit) Lainnya

twrp-logo

Hi guys,

Blackview A7 Pro adalah salah satu perangkat yang sangat sulit untuk di root. karena mempunyai sistem 64bit. bukan hanya perangkat ini, bahkan perangkat mediatek lainnya yang ber-Chip SoC Mediatek MTK 67xx 64 bit. karena sistem ini tidak bisa diroot menggunakan one click tool seperti kingoroot, framaroot, kingroot, atau tools2 lain yang serupa. Setelah melalui banyak pengujian dan pembacaan tentang perangkat MTK saya dan sejenisnya sebelum akhirnya saya berhasil menginstal custom recovery dan  untuk me-root-nya akan saya tulis di post berikutnya. Sebagian besar tutorial yang ditemukan secara online tidak berfungsi untuk saya sama sekali dan file yang disertakan memiliki ukuran aneh dan file pencar yang rusak, jadi saya memutuskan untuk menerbitkan tutorial ini kalau-kalau ada yang berjuang seperti saya. Jangan ragu untuk berkomentar, mengoreksi saya atau melempar chip lama kepada saya!


HATI-HATI, PERINGATAN! METODE INI BERISIKO! PRANGKAT ANDA BISA BERAKHIR RUSAK BRICKED ATAU BOOTLOOP JIKA TERJADI SESUATU, SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB! ANDA MELAKUKANNYA DENGAN RISIKO ANDA SENDIRI! INI HANYA DIUJI PADA BLACKVIEW A7 PRO! BACKUP DULU SEBELUM MEMULAI

Yang harus disiapkan:

  1. MTK Drivers (Pilih yang terbaru)
  2. ADB Drivers
  3. SP Flash Tool
  4. USB Cable (Yang asli bawaan HP)
  5. TWRP Recovery (Link di bawah)
  6. 3Gb ruang kosong di hardisk komputer/laptop
  7. Stock Bootloader
  8. Charged Phone
  9. Linux/Windows OS (PC/Laptop)

Yang harus di Download:


Proses:

Agar perangkat dikenali oleh komputer, kita harus menginstal driver android bridge (ADB) dan MTK Drivers. Saya sarankan Anda lihat google untuk info lebih lanjut tentang cara melakukan ini. Setelah itu, kita perlu mengunduh TWRP recovery, stock bootloader, dan SP Flashtool yang akan kita gunakan untuk menulis recovery baru ke chip. Sebelum kita menulis recovery baru, mari kita aktifkan adb debugging di ponsel, di dalam opsi developer (pengembang) dan aktifkan juga unlock bootloader di tempat yang sama (Silakan googling untuk mencari tau). Saya telah membuat paket semua file yang diperlukan (kecuali SP Flash Tool), tetapi saya sarankan Anda juga mengunduh ROM Blackview A7 Pro ROM lengkap (1.5Gb) seandainya terjadi kesalahan.

THE PREPERATION

  1. Download semua file, buat sebuah folder dan ekstrak semua file *.zip disni.
  2. Aktifkan USB debugging dalam mode developer di HP mu.
  3. Diharuskan juga untuk unlock bootloader (karena test pertama saya, hp akan bootlop jika flasing Recovery tanpa unlock bootloader).


Setelah semuanya siap..,

Mari kita mulai…!

  • Pastikan tidak ada perangkat yang terhubung ke komputer.
  • Buka folder SP Flashtool, dan klik kanan Flash_tool.exe, pilih “Run As Administrator”

Screenshot_1

  • Dalam SP Flashtool Aktifkan advanced menu, dengan menekan CTRL + ALT + V.

Screenshot_21

  • FKemudian ke download tab.
  • Di dalam download tab, Download-Agent, arahkan ke file DA_SWSEC_CRYPTO20.bin –yang ada dalam folder SP Flash Tool.
  • Kemudian pilih file MT6737M_Android_scatter.txt yang di ekstrak sebelumnya kedalam kotak scatter file- Itu seharusnya check di bagian preloader EMMC dan path lokasi seharusnya menuju  ke file preloader_hct6737m_65_n.bin File scatter dan preloader ada dalam paket yang sudah di sertakan.

Screenshot_22

  • Arahkan ke menu  SP Flash Tool dan di bawah tab window, Kamu akan menemukan opsi Write memory. Klik, dan tab baru akan di tambhkan.

Screenshot_7

  • Pergi ke tab baru yang disebut  Write memory. Disini kamu mempunyai tiga kotak yang harus di isi.
  • Pilih  TWRP.img recovery image di kotak yang pertama, Ubah bagian Begin Address to: 0x2D80000 dan Region ke EMMC_USER.

Screenshot_5

  • Pastikan HP mu dalam keadaan mati. Jika memungkinkan, cabut baterai.
  • Double-check Semuanya!
  • Jika semunya terlihan OK, tekan tombol Write memory. Ianya akan menunggu HP untuk mengirim sinyal download.
  • Dalam keadan HP mati dan tidak ada baterai, Tekan dan tahan VOL+ and VOL- pada waktu bersamaan dan sambungkan ke komputermu. Setelah 3-4 detik proses flashing akan di mulai

Karena ukuran file rocovery yang kecil, seharusnya selesai dalam beberapa detik. Dan OK hijau Check akan muncul. Saat ini kamu sudah boleh mencabut USB HP mu dari komputer.

Screenshot_2

Sekarang seharusnya kamu sudah bisa masuk ke TWRP Recovery mode dengan menekan VOL+ dan Power, Kemudian Pilih Recovery

IMG_20190106_153955

Kalau ada pesan pop-up red state seperti ini, berarti anda sudah berhasil instal TWRP Recovery, jangan panik. karna kalau gagal, pesannya Orange state.

IMG_20190106_154010

Ketika masuk ke Recovery, kebanyakan orang sebelumnya akan tampil dengan tulisan bahasa rusia, tp disini saya langsung dengan bahasa ingris. dan ketika dia minta password, coba menggunakan password atau pin hp kamu yang di pakai ketika membuka kunci. tapi dalam kasus saya, itu tidak berhasil, jadi abaikan saja. langsung pilih select language. krna nantinya kalau tidak dipilih sekarang, untuk yang berikutnya akan secara default ke bahasa rusia.

IMG_20190106_154025

Pilih inggris, karena disini tidak ada pilihan bahasa Indonesia. Kemudian tekan ok.

IMG_20190106_154050

Setelah di tekan ok tadi, langsung saja geser ke kanan. dan Anda akan masuk ke menu TWRP.

IMG_20190106_154109

Kalau sudah masuk kesini, berarti anda sudah sukses install TWRP.

IMG_20190106_154120



Catatatn:

  • Jika kalian tidak bisa memasukkan Password/Pin kalian, itu mungkin salah satu bug dari TWRP itu sendiri, dan kalian tidak akan bisa flash root atau yang lainnya langsung dari internal memory, karena tidak akan terbaca. jadi kalian harus menyiapkan kartu SD terlebih dulu. Untuk cara rootnya, tunggu postingan berikutnya.
  • Dan untuk kalian yang ingin bereksperimen pada perangkat Mediatek lainnya, pada dasarnya, proses nya adalah sama. yang perlu di ganti adalah File Recovery, Scatter File, dan preloader. Karena Untuk file recovery, setiap perangkat berbeda-beda, silakan googling untuk mencari file recovery untuk perangkatmu. Sedangkan untuk file Scatter dan preloader, didapatkan dari hasil ekstraksi rom official perangkat itu sendiri.



****Jika ada kekurangan dalam tutorial ini, mohon di beritau dengan komen di bawah ini.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment