Tutorial Android: Belajar Cara Root Smartphone dengan Mudah

Cara Mudah Menginstall ClockWorkMod Recovery (CWM Recovery)

CWM-ClockWorkMod-Recovery

ClockWorkMod (CWM) Recovery yang dikembangkan oleh Koushik Dutta (juga dikenal sebagai Koush) seorang developer Android ROM Manager adalah recovery mode yg dikustomisasi dan fungsi tambahan seperti backup/restore, instalasi dan lain-lain. Bagi para pengguna smartphone android yang suka mengganti kustom rom, pasti sangat paham dengan fungsi vital CWM. Ada beberapa fungsi vital dimana CWM sangat dibutuhkan. Saat ini CWM dalam perkembangannya sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa juga untuk memasang themes, atau modifikasi lainnya.
Ada 2 Fungsi utama yang paling banyak digunakan yaitu:

1.Backup

Nandroid backup berfungsi untuk membackup sistem smartphone, internal memori dan partisi. Nandroid backup disimpan dalam sd card. Hasil backup nandroid berupa folder dengan nama sesuai waktu saat melakukan backup.

2.Restore

Restore adalah mengembalikan kondisi smartphone sesuai kondisi saat kita backup. Jika kita bisa punya beberapa backup dengan versi rom yg berbeda-beda dengan aplikasi yg berbeda-beda pula. Cara melakukan restore sangat mudah tinggal pilih menu restore, dan pilih file backup yang sudah ada di SD card. Setelah instalasi selesai, maka smartphone android kita bisa kembali seperti saat kita melakukan back up.


Selain fungsi utama, yaitu Backup Dan Restore, CWM juga bisa difungsikan untuk menginstall Custom ROM android dan juga membuat partisi.

Ada berapa cara mudah untuk menginstall CWM recovery, tapi dengan syarat perangkat kamu harus sudah ter-ROOT.

Android ROM Manager.

Dengan Android ROM Manager, adalah merupakan cara resmi dan termudah untuk menginstall CWM recovery.

1. Download ROM Manager Lite dari Google Play. Setelah itu buka.

2. Pilih recovery setup.

IMG_20131024_154319

3. Kemudian pilih ClockWorkMod Recovery

IMG_20131024_154242

3. Jika perangkat Android Anda mendukung untuk di Install CWM, maka akan ada beberapa nama atau merek akan ter list diasana. Tapi jika tidak ada, bukan berarti perangkat android anda tidak bisa menginstall CWM, cuma disarankan untuk menginstall secara manual. Jadi, tap saja “Device Not Listed Above”.

IMG_20131024_154159

4. Akan muncul popup konfirmasi bahwa perangkat anda tidak mendukung. Disini saya coba menggunakan SONY Xperia NEO V. Tapi jangan takut. Jadi, lanjutkan saja.

IMG_20131024_154106

5. Kemudian akan muncul popup seperti dibawah. disarankan untuk memilih ClockWorkMod 3.x (terbaru). Tapi jika seandainya nanti perangkat anda tidak berhasil menginstall CWM terbaru, baru kemudian coba dipilih yang 2.x

IMG_20131024_153914

 

6. Balik ke menu asal. kemudian tap di “Reboot into Recovery”. Maka, secara otomatis perangkat anda akan mati, dan kemdian akan langsung masuk ke Recovery Mode (Reboot into Recovery)

IMG_20131024_154350

 

 

 

Yah., begitu cara install CWM untuk perangkat android anda. Sangat mudah bukan.

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
August 25, 2014 at 3:11 AM ×

Bisa buat HH bootloop gak gan? :3

Congrats bro Fandi Permana Putra you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment