Tutorial Android: Belajar Cara Root Smartphone dengan Mudah

Mengoptimalkan RAM Perangkat Android

Android RAM

Apa sih RAM itu?
RAM  merupakan sebuah akses memori acak yang digunakan untuk multitasking, Multitasking merupakan kemampuan sebuah gadget untuk melakukan lebih dari 1 pekerjaan diwaktu yang sama.

Jadi sama halnya ketika kita membuka aplikasi android dan berpindah ke aplikasi lainnya maka disitulah RAM menampung aplikasi yang sedang dijalankan.

Bagaimana cara ngeceknya? Gampang saja. Silakan Anda buka Settings > Apps lalu pilih tab Running, di situ terlihat aplikasi apa saja yang mengisi RAM. Semakin banyak aplikasi yang berjalan ketika multitasking disitulah RAM bekerja keras dan kadang mengakibatkan Lag, atau bahkan Android anda sering restart sendiri.

Disini ada dua cara mudah untuk mengoptimalkan RAM hanya dengan memanfaatkan beberapa aplikasi gratis.

Caranya :

1.Gunakan aplikasi Clean Master, syaratnya perangkat anda harus sudah ROOT. Aplikasi tersebut bisa di download secara gratis di Google Play. Caranya mudah. Buka aplikasi Clean Master, kemudian pilih menu Task, Lalu Clean. Kemuduian perhatikan, RAM yang terpakai akan berkurang cukup banyak. Lakukan cleaning secara berkala ketika Android sudah terasa kurang responsif dan lamban saat dipergunakan untuk multitasking.

clean master

 

2.Gunakan Aplikasi Grenify  (semacam Aplikasi untuk hibernate aplikasi yang sedang berjalan). Grenify bisa diunduh gratis di playstore, dan syarat untuk bisa menjalankan aplikasi grenify android harus sudah dalam keadaan ROOT. Greenify membantu Anda mengidentifikasi dan menempatkan aplikasi nakal ke mode hibernasi saat Anda tidak menggunakan mereka. Dan untuk menghentikan mereka dari  perangkat Anda yang melambat dan menghabiskan baterai dengan cara yang unik! Mereka tidak dapat melakukan apa-apa tanpa peluncuran eksplisit oleh Anda atau aplikasi lain, sambil tetap mempertahankan fungsionalitas penuh ketika berjalan di foreground.

Cara pakainya pun mudah, buka aplikasi grenify, lalu klik tombol + di pojok kanan bawah, lalu pilih aplikasi yang akan di-hibernate.

greenify

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Anonymous
admin
December 20, 2014 at 11:33 PM ×

!!!Free Download RAM Cleaner Super Fast Pro!!! RAM Cleaner Super Fast Pro is an advanced tool to make your droid device lightning fast. It optimizes your phone/tablet ram by killing unused apps running in the background. RAM Cleaner Super Fast Pro offers an widget with which you can kill all unused apps by one tap from the phone home screen. !!!Free Download RAM Cleaner Super Fast Pro!!!

Reply
avatar
Unknown
admin
May 18, 2015 at 12:41 AM ×

Izin share :)
http://goo.gl/aPAs60

Reply
avatar
Thanks for your comment