Tutorial Android: Belajar Cara Root Smartphone dengan Mudah

Mempartisi SDcard Dengan ClockWorkMod Recovery (CWM Recovery)

cwm

Ada berbagai cara untuk mempartisi sdcard, dan salah satu yang termudah adalah dengan ClockWorkMod Recovery (CWM Recovery). Selain sangat mudah, juga tidak ribet dengan komputer dan kabel data atau card reader, hanya berbekalkan perangkat Android yang sudah ter-install CWM Recovery. Bagi yang perangkat Androidnya belum instal CWM, silakan LIHAT DISINI UNTUK INSTALL CWM RECOVERY.

Tujuan dari mempartisi adalah untuk membagi sdcard menjadi beberapa bagian, yang nantinya mungkin akan diperlukan untuk keperluan sebuah aplikasi atau bahkan untuk melapangkan internal memory dengan cara memindahkan aplikasi ke sdcard (cara memindahkan aplikasi ke sd car aakan di ulas di postingan berikutnya).

Silakan ikuti langkah langkah berikut untuk mempartisi SDcard menggunakan CWM Recovery. Peringantan!!! Cara ini sudah berhasil dicoba pada beberapa perangkat dan berhasil. Tapi dengan resiko anda akan kehilangan semua data di SDcard karena proses formatting. Jadi sebaiknya backup dulu data anda ke komputer atau cloud server atau SDcard anda yang lain. Penulis sedikitpun tidak akan bertanggung jawab jika seandainya ada kerusakan pada perangkat Android atau SDcard anda yang disebabkan oleh tutorial ini. Jadi, lakukan dengan kesadaranpenuh  dan resiko ditanggung sendiri.

 

1. Matikan perangkat anda dan mulai masuk ke recovery mode.

2. Jika sudah masuk, pilih “advanced”

DSC00910

3. Selanjutnya, pilih “partition sdcard”

DSC00911

4. Pilih salah satu ukuran yang anda inginkan. Sebaiknya, buatlah partisi baru dengan ukuran maksimal sekitar 50% dari total kapasitas SDcard anda.

DSC00912

5. Setelah itu anda akan disuruh memilih salah satu ukuran untuk SWAP file. Sebaiknya, lewatkan saja langkah ini, karna akan berakibat pada SDcard anda akan cepat rusak. Jadi pilih saja 0MB.

6. Tunggu sampai proses formatting selesai. Kemudian pilih “reboot system now” di menu utama.

DSC00909

 

Selamat, anda sudah berhasil membuat partisi pada SDcard anda. Selanjutnya, terserah anda untuk di apakan partisi yang baru tersebut.

 

***TELAH DI UJI COBA PADA PERANGKAT SONY XPERIA NEO V DAN SAMSUNG GALAXY ACE ***

Previous
Next Post »
Thanks for your comment