Tutorial Android: Belajar Cara Root Smartphone dengan Mudah

Memindahkan Aplikasi Ke SDcard Dan Melapangkan Internal Memory Dengan Link2SD

link2sd_result
Link2SD adalah sebuah aplikasi yang memudahkan pengguna Android 1.6 keatas yang mempunyai hak akses root pada ponsel mereka untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD.
Ide ini adalah sama dengan script Apps2SD, menghubungkan aplikasi ke partisi kedua SD card, tetapi berbeda dalam dua cara.
Yang pertama, bukan menghubungkan / data / folder app (yang berarti memindahkan semua aplikasi), Anda dapat memilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan.
Kedua, ini merupakan aplikasi yang berarti memiliki user interface. Anda dapat mengatur aplikasi Anda dengan beberapa klik.
Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang sama seperti Apps2SD asli pada Android 2.2 keatas. Yang mana juga dapat memindahkan setiap aplikasi pengguna non-protected ke SD card (memindahkan secara paksa). dengan bets kemampuan bergerak.
Fitur yang menggunakan fitur instalasi SD-card standar Android dan tidak memerlukan partisi kedua. Cara ini dapat merusak beberapa aplikasi jika mereka tidak dimaksudkan untuk dipindahkan ke kartu SD (Seperti Widget).
Jadi, bedanya Link2SD adalah, bisa memindahkan keseluruhan aplikasi tanpa merusak aplikasi tersebut ke sdcard.

Peringantan!!! Cara ini sudah berhasil dicoba pada beberapa perangkat dan berhasil. Penulis sedikitpun tidak akan bertanggung jawab jika seandainya ada kerusakan pada perangkat Android atau SDcard anda yang disebabkan oleh tutorial ini. Jadi, lakukan dengan kesadaran penuh  dan resiko ditanggung sendiri.

Cara menggunakan Link2SD adalah seperti berikut:
1. Pastikan perangkat Android anda telah ter-ROOT.
2. Patikan juga SDcard anda telah terpartisi. Lihat cara partisi disini atau disini
3. Download Link2SD dari Google Play Store DISINI (gratis)
4. Buka Link2SD jika telah di install.
5. Buat salah satu pilihan untuk membuat script mount. Disini perlu di perhatikan. Jika perangkat Android anda adalah keluarga Xperia, pilih FAT32. Dan jika selain Xperia (misal SAMSUNG GALAXY/ lainnya), pilih ext2.  Klik ok kemudian reboot.
Screenshot_2013-10-27-13-41-29
6. Buka kembali Link2SD setelah direboot dan tap tanda filter di tab atas. Pilih “On Internal”
Screenshot_2013-10-27-13-42-48
7. Setelah itu, pilih salah satu aplikasi/game. Disini saya ambil contoh BBM Android.
Screenshot_2013-10-27-13-43-02
8. Kemudian tap pada tulisan “Create Link” di pojok kiri bawah,. Akan keluar sebuah popup baru, dan beri centang pada semua pilihan. Klik OK.
Screenshot_2013-10-27-13-43-11


SELAMAT..!!! Aplikasi anda telah dipindahkan ke SDcard secara utuh. Dan internal memori anda akan sedikit lapang. Jika anda ingin, anda bisa melakukan hal ini ke semua aplikasi anda, kecuali system apps.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Sirajuddin
admin
April 25, 2014 at 11:46 PM ×

saya berhasil membuat partisi kedua pd sd card serta dapat memindahkan aplikasi saya dgn membuat link ke sd card. setelah beberapa lama saya pakai sekitar 1 bulan, tiba-tiba memory card saya mati sendiri dan tidak terdetek sama sekali di hp maupun di pc. Apakah ini terjadi karena memory kita selalu bekerja karena harus menjalankan palikasi yg ada di dalamnya? atau ada penyebab lain? Tlg bagi yg sudah nyoba utk di share pengalamannya.Trims

Reply
avatar
Anonymous
admin
April 27, 2014 at 7:49 PM ×

saya juga pernah mengalami hal yang sama. Itu mungkin jadi salah satu penyebabnya. yang bisa membuat sdcard rusak. Tp, sejauh ini saya pakai sdcard toshiba 8gb, udh 2 taun gk ada masalah dengan partisi

Reply
avatar
Thanks for your comment